TERBITNYA SENYUM YAYASAN SENYUM BALI

pemberian donasi kepada Yayasan Senyum Bali

Pandemi covid-19 memengaruhi seluruh aspek kehidupan orang di dunia, begitupun dengan Bali. Perubahan signifikan terjadi dalam kehidupan semua orang. Di tengah kusutnya roda ekonomi serta keadaan sosial di tengah masyarakat, sulit rasanya untuk menghadirkan sebuah senyuman. Namun, tidak sedikit orang berusaha bersimpati atau bahkan berempati untuk sekadar menerbitkan kembali senyuman orang di sekitanya yang beberapa waktu terakhir telah tenggelam akibat pandemic covid-19. Mahasiswa Sastra Jepang Unud berpartisipasi dalam usaha tersebut. Mahasiswa Sastra Jepang Unud mengadakan penggalian dana untuk Yayasan Senyum Bali guna membantu pasien bibir sumbing, celah-celah langit, dan cacat wajah lainnya.

Penggalian dana dilakukan dengan cara mengumpulkan donasi berupa barang-barang yang telah ditentukan. Barang-barang yang dapat didonasikan terdiri dari, buku, pakaian layak pakai, kerajinan tangan, sepatu, aksesoris, peralatan rumah tangga, dan sebagainya. Media sosial seperti Line dan Instagram dipilih oleh para mahasiswa untuk menggalang donasi. Para mahasiswa juga tidak lupa mencantumkan update donasi yang terkumpul pada akun instagram mahasiswa Sastra Jepang Unud yaitu nibunkasekai.unud. Seluruh hasil donasi akan digunakan untuk membantu biaya operasi bagi anak-anak penderita bibir sumbing, celah-celah langit, dan cacat wajah lainnya.

Antusisasme dari mahasiswa sangat terlihat dari banyaknya barang-barang donasi yang terkumpul. Pengelolaan selanjutnya dilakukan oleh HMPS Sastra Jepang Unud. Proses pengumpulan donasi dimulai dari 12 Juni-12 Juli, lalu didistribusikan kepada Yayasan Senyum Bali oleh perwakilan HMPS Sastra Jepang Unud pada 14 Juli 2020. Kegiatan mahasiswa Sastra Jepang Unud ini disambut positif oleh Yayasan Senyum Bali. Hal tersebut terlihat dari thanks letter yang diberikan ketua Yayasan Senyum Bali, Desak Made Sukma Dewi kepada perwakilan mahasiswa Sastra Jepang Unud. Mahasiswa sastra Jepang Unud berharap sedikit kepingan ketulusan tersebut dapat menerbitkan kembali senyum anak-anak di Yayasan Senyum Bali. Mahasiswa Sastra Jepang Unud juga berharap kegiatan ini terus dilakukan ke depannya. Kegiatan ini juga merupakan pengejawantahan dari Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Spread love everywhere you go. Let no one ever come to you without leaving happier.” – Mother Teresa

 

 

 

 

 

D’JAFU

The Japan Festival of Udayana atau yang disingkat D’JAFU berdiri sejak tahun 2012. Kegiatan tahunan mahasiswa jurusan sastra Jepang, Universitas Udayana ini dipelopori oleh mahasiswa sastra Jepang sendiri.  D’JAFU bukan hanya sekadar agenda rutin mahasiswa sastra Jepang, namun media perwujudan pembelajaran dari kampus. Selain perwujudan pembelajaran dari kampus, D’JAFU menjadi media belajar hal baru di luar kampus yang tentunya menyenangkan bagi para mahasiswa. D’JAFU memiliki dua hari pelaksanaan. Hari pertama berisi berbagai kompetisi bahasa Jepang seperti kontes kana, madding, story telling, fanart, Japan band, serta cosplay. Kompetisi ini ditujukan bagi siswa-siswi SMA di dalam maupun luar Bali. Sedangkan hari kedua merupakan puncak dari D’JAFU yang berisi festival serta pengumuman pemenang lomba. Festival pada hari kedua D’JAFU selalu meriah. Terdapat banyak stand komunitas pecinta jejepangan, beranekaragam kuliner khas Jepang,  kuliner dari beragam penjuru daerah Indonesia, aksesoris jejepangan, apparel, dan sebagainya yang selalu memanjakan para pengunjungnya.

D’JAFU biasanya dilakukan pada bulan November mengingat tradisi di Jepang pada bulan November merupakan bulan yang memiliki banyak matsuri. Hari pertama D’JAFU diselenggarakan di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Pada hari kedua berlokasi di Taman Gong Perdamaian Desa Budaya Kertalangu, jalan Bypass Ngurah Rai 88x Kesiman, Denpasar. Pengecualian untuk D’JAFU 1st, dilaksanakan di Gedung RRI, jl. Hayam Wuruk 70, Denpasar. Tema yang diusung setiap tahunnya memiliki makna yang dalam dan unik. Berikut tema D’JAFU pertama sampai kedelapan:

  1. 黒白の祭り (kokuhaku no matsuri) D’JAFU 1st
  2. 青春祭り (seishun no matsuri) D’JAFU 2nd
  3. 勇気の祭り(yūki no matsuri) D’JAFU 3rd
  4. 陽気の祭り(yōki no matsuri) D’JAFU 4th
  5. 気迫の祭り(kihaku no matsuri) D’JAFU 5th
  6. 幸福な祭り(kōfukuna matsuri) D’JAFU 6th
  7. 幸運な祭り(kōun’na matsuri) D’JAFU 7th
  8. 団結の祭り(danketsu no matsuri)D’JAFU 8th

Acara ini didukung penuh oleh para dosen prodi Sastra Jepang, Konjen Jepang, perusahaan-perusahaan swasta, serta pemerintahan Denpasar. Melalui acara ini mahasiswa mampu mengembangkan  soft skill dan hard skill. Para mahasiswa belajar mengelola waktu, bertanggungjawab pada setiap hal yang diputuskan serta kepercayaan yang diberikan dalam setiap divisi, berkomunikasi dengan orang-orang penting, serta tidak lupa belajar memanajemen  konflik dengan setiap panitia yang terlibat. Membangun acara sedemikian rupa yang awalnya berat ketika dijalani menjadi terasa semakin berat, eh bercanda sheyeng! Semakin menyenangkan tentunya! Setiap benturan yang ada di dalam kepanitiaan selalu membentuk para panitia itu sendiri, hal itulah yang menyenangkan. Di samping keribetan dan kelelahan para panitia, feedback yang diberikan oleh para pengunjung positif, terlihat dari excitement yang ditunjukan melalui banyaknya orang yang berpartisipasi dalam kompetisi yang diadakan serta membeli dan mengunjungi puncak acara D’JAFU. Candu D’JAFU bagi semua orang yang hadir  adalah penampilan dari guest star dan pertunjukkan hanabi atau kembang api. Untuk informasi terbaru mengenai D’JAFU atau kenangan-kenangan foto, after event video, dapat diakses lewat media sosial D’JAFU, instagram D’JAFU: djafu_sasjep atau facebook: The Japan Festival of Udayana. Terus ikuti jejak perjalanan D’JAFU ya minnasan! Berikut #JEPAN alias Jejak Pendapat dari panitia D’JAFU yang mewakili beberapa angkatan. Kuy, simak!

“Djafu menurut kakak festival Jepang termegah yang ada di Bali dan tetap harus diselenggarakan tiap tahunnya. Selain pertukaran budaya di sisi lain bisa membangkitkan kreativitas mahasiswa dalam mendekorasi tampilan sesuai tema yang mereka angkat. Selain itu adanya lomba-lomba di bidang akademik sangat penting untuk menggali potensi siswa siswi SMA di seluruh Bali. Perasaan menjadi panitia D’JAFU campur aduk, ada suka dukanya yang terpenting sih pengalamannya yang cuma bisa tak dapet jadi panitia djafu gak bisa dilupain. (Deco ‘16)

“saya tiga tahun berturut-turut dalam D’JAFU diberi kepercayaan berada di divisi Yukata, lebih tepatnya tukang foto lha ya. Lumayan juga, selama di divisi ini kemampuan fotografi saya meningkat. Selain itu, divisi Yukata bagi saya adalah divisi yang paling nggak R-I-B-E-T! OKE BYE THANK YOU D’JAFU, KIM HAE JOON LEFT THE COMMITTEE!.  (Joshua ‘17)

tahun 2019 kemarin, saya berkesempatan menjadi panitia di acara jejepangan terbesar di Bali. Saya mendapat kesempatan untuk menjadi panitia Lomba dan Games. Kesan saya selama persiapan Djafu sangatlah berat dan penuh tekanan. Saya bukan koordinator tetapi menurut saya persiapan yang benar benar padat membuat saya ikut stress. Kemudian, untuk hari H , sangat menyenangkan dan penuh semangat. Namun, ada beberapa hal yang sangat disayangkan terjadi. Salah satunya yang paling banyak menjadi keluhan pengunjung pada tahun 2019 adalah tidak adanya merchandise yang berupa kipas. Namun,terlepas dari itu, keseluruhan acara festival ini sangat menyenangkan dan berkesan bagi saya. Hal yang paling membuat saya takjub pada Djafu 7th adalah antusiasme pengunjung. Saya sebagai panitia yang berjaga di stand games merasa bersemangat melihat antusiasme pengunjung untuk mencoba games ala Jepang yang disusun sedemikian rupa dengan ragam pilihan. Selain itu, banyaknya bintang tamu yang terkenal membuat acara ini benar benar seperti festival di Jepang. Nuansa ala Jepang sangat kental sekali terlihat aplaagi ketika beranjak Malam dan menuju acara puncak. Hanabinya benar benar menakjubkan dan membuat saya terharu dengan kerja keras panitia serta antuasiasme pengunjung” (Sugi ‘18)

 

Nah, gimana menarik bukan? Mau jadi panitia atau pengunjung? It’s your choice! Nantikan D’JaFU selanjutnya!!!

Pelatihan Bahasa dan Budaya Jepang di Jepang oleh Ni Gusti Putu Wahyu Dianti (18 September 2014 ~ 25 Agustus 2015)

Japanese Language and Culture Training Students in Japan

18 September 2014 ~ 25 Agustus 2015

Ni Gusti Putu Wahyu Dianti

1101705032

 Wahyu Dianti

Tentang Program

Program ini terselenggara atas kerja sama Sastra Jepang Universitas Udayana dengan Kobe Woman University dan beasiswanya disukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jepang (Monbukagakusho). Program ini adalah program belajar di Jepang selama 1 tahun yakni di Kobe Woman University, dan yang dikirim adalah satu orang mahasiswi dari Sastra Jepang Universitas Udayana.

Selain itu, ada pula kerja sama antara Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan Kobe Woman University dalam bentuk pengiriman 2 orang mahasiswa dari Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana ke Kobe Woman University pada bulan oktober untuk melakukan studi banding selama 2 minggu. Maka dari itu, acara penyambutan dilakukan bersamaan yakni pada tanggal 23 oktober 2014.

 

ウダヤナ大学留学生歓迎会

 Pelajaran

Selama satu tahun masa studi dibagi menjadi dua semester. Saya masuk ke Jurusan Sastra Jepang, namun sebagai pelajar asing saya bebas untuk memilih mata kuliah apapun walaupun tidak sesuai dengan jurusan saya. Ada banyak jurusan di Kobe Woman University diantaranya, jurusan bahasa Inggris, bahasa Jepang, jurusan desain dan lain-lain. Sehingga, dengan demikian sebagai pelajar asing kita juga bisa mempelajari mata kuliah dari jurusan lain. dua semeter di Jepang dibagi menjadi semester ganjil dan genap. Oleh karena saya tiba di Jepang pada bulan september, maka saya memulai perkuliahan dari semester genap. Sebelum menentukan mata kuliah yang akan kita ambil selama satu semester, ada masa percobaan mata kuliah selama satu minggu. Setelah minggu pertama barulah perkuliahan yang sesungguhnya dimulai. Berikut adalah mata kuliah yang saya ambil per semester.

 

 

Semeter Genap

            Selama semester genap, saya mengambil 10 buah mata kuliah. Mata kuliah yang saya ambil pada semester genap lebih banyak daripada semester ganjil. Berikut adalah mata kuliah semester genap yang saya ambil:

Badminton (Olah Raga)                                  Bahasa Jepang II

Masyarakat Masa Kini V                                Bahasa Jepang IV

Pengantar Bahasa Jepang II                            Latihan Sastra Jepang (Seminar) II-ii

Seni Pertunjukan Klasik II                              Sejarah Budaya Rakyat II

TOEFL/TOEIC Training VI

Pelatihan Busana (Pelajaran Membuat Yukata)

Mata kuliah yang saya ambil pada semester genap berasal dari berbagai jurusan. Seperti misalnya mata kuliah Pelatihan Busana (Pelajaran Membuat Yukata) adalah mata kuliah dari jurusan desainer, TOEFL/TOEIC Training VI adalah mata kuliah dari jurusan bahasa Inggris. Mata kuliah Bahasa Jepang II dan Bahasa Jepang IV adalah mata kuliah yang diadakan khusus untuk pelajar asing. Dalam mata kuliah ini ada dua orang pelajar asing dari China yang juga menempuh mata kuliah ini. Sehingga, di dalam kelas hanya ada tiga orang pelajar asing dengan satu orang pengajar.

 

スポーツ実技 III

Selama mngikuti perkuliahan Masyarakat Masa Kini V, saya sempat melakukan presentasi mengenai upacara besar di Bali. Baik dosen maupun para mahasiswa terlihat senang menyimak presentasi saya, bahkan ada beberapa mahasiswa yang bertanya-tanya mengenai Bali ketika saya berpresentasi. Selain itu, pelajaran menjahit yukata juga tidak kalah menarik. Sebelum perkuliahan dimulai, para siswa membeli kain yang dijajarkan di dalam kelas, sehingga kita bebas untuk memilih motif dan warna kesukaan kita masing-masing. Dari awal sampai yukata siap dipakai, semuanya dijahit menggunakan tangan tanpa bantuan mesin. Tidak hanya belajar menjahit yukata dalam mata kuliah ini kita juga diajarkan bagaimana memakai yukata sendiri. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

着付けの授業                                  浴衣を着付けの授業

Semester Ganjil

Pada semester ganjil, saya mulai mengikuti seminar untuk menulis skripsi. Oleh karena itu, saya hanya mengambil tujuh mata kuliah yakni:

Bahasa Jepang I                                              Bahasa Jepang III

Latihan Sastra Jepang (Seminar) II-ii             Sejarah Budaya Rakyat I

Oral Presentasi III                                           Bunpo I

Kesehatan Anak III

Dalam perkuliahan Kesehatan Anak III banyak praktek yang dilakukan. Kita diajarkan bagaimana merawat anak mulai dari bayi hingga menjadi anak-anak. Banyak diskusi, praktek dan presentasi yang dilakukan dalam perkuliahan sehingga membuat kuliah semakin menyenangkan. Selain itu mengikuti perkuliahan dari jurusan lain juga menambah teman saya.

 


 

Pengalaman Budaya

Selama setahun berada di Jepang, saya melalui keempat musim yakni musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Masing-masing musim memiliki hal yang menarik serta keunikannya tersendiri. Bisa merasakan keempat musim di Jepang sungguh pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Saya tiba di Jepang saat musim gugur. Udaranya sangat bersih, sejuk, dan menyenangkan.

Musim gugur hanya saya rasakan sebentar, ketika udara sudah mulai dingin dan masuk ke musim salju. Saat udara mulai dingin, ada festival yang dirayakan di kampus yang disebut bunkasai. Tidak berbeda jauh dengan D’Javu yang kita miliki di Sastra Jepang Udayana, bunkasai disana juga menampilkan berbagai pertunjukan, cosplay, dan banyak stand makanan hasil kreatifitas mahasiswi. Saya mencoba satuu stand yakni stand yang menjual macha. Macha adalah green tea asli Jepang dan macha Kyoto adalah yang paling terkenal bagus. Saya diajarkan bagaimana cara menikmati teh di Jepang, mulai dari cara duduk, cara minum, bahkan saya diajarkan cara membuatnya juga. Sangat mengesankan. Selain bunkasai, hal menarik lainnya adalah perayaan akhir dan awal tahun atau yang disebut nenmatsu – shinnen. Akhir tahun saya diajak teman asrama untuk menghabiskan waktu di desa kelahirannya yaitu di Shimane. Shimane adalah sebuah pedesaan, dimana masih banyak sawah, gunung yang hijau dan lahan kosong. Saat menginap di rumahnya, pada tanggal 31 Desember 2014 saya di ajak ke otera untuk melakukan ritual yang disebut Joya No Kane, dimana di otera kita mengantri giliran untuk memukul lonceng serta mengucapkan permohonan. Selain itu, saya juga sempat mencicipi makanan tahun baru khas Jepang yang disebut osechi ryori, kemudian pada siang harinya kami, saya dan keluarga teman saya pergi ke kuil untuk melaksanakan hatsu mode yakni persembahyangan pertama di tahun baru. Tidak hanya sembahyang saya juga menyempatkan diri untuk membeli jimat keselamatan dan keberuntungan di kuil. Tidak berhenti sampai disitu, sepulang dari kuil saya dan teman saya mendapat hadiah tahun baru yaitu amplop yang berisi uang yang disebut otoshidama. Keesokan harinya, sebelum pulang ke Kobe saya diajak menata ruangan serta boneka untuk persiapan Hina Matsuri yang akan datang pada bulan Maret. Saya merasa sangat beruntung bisa merasakan perayaan akhir tahun dan tahun baru ala Jepang.

 

お雛様を飾る

 

おせち料理

初詣

            Saat musim semi tiba, banyak sakura bermekaran. Banyak pula pasangan maupun keluarga yang melakukan piknik di taman maupun tempat lainnya yang dipenuhi bunga sakura. Sementara itu saya melaksanakan hanami di kampus, karena di kampus juga banyak bunga sakura yang tidak kalah indahnya dengan tempat lain.

花見

Saat musim semi berlalu tibalah musim panas. Sekitar akhir bulan Juni udara mulai terasa pengap dan hampir turun hujan setiap hari. Dari akhir Juli hingga bulan Agustus ada banyak festival. Saya mengikuti satu festival menarik yakni di Kuil Hachiman Sama di Itayado. Saya ikut menggarap omikoshi dengan mengenakan baju Happi berwarna biru serta menggunakan jimat keselamatan. Selain merayakan festival di kuil, saya juga sempat mengikuti perayaan obon dan hanabi taikai  di pelabuhan Kobe. Saya mengenakan yukata yang telah saya jahit sendiri, dan ikut serta menari-nari saat perayaan obon. Panggung obon terdiri dari tiga tingkat panggung, di panggung paling atas adalah tempat penyanyi, panggung tingkat kedua dan ketiga adalah tempat para penari obon yang sebagian besar sudah lansia. Selain para penari, para pengunjung baik orang dalam maupun luar negeri juga bisa turut serta menari. Pengalaman yang sangat menyenangkan.

お盆

八幡様神社のお祭り

Acara Perkumpulan

Pada pertengahan bulan Agustus saya mengikuti acara perkumpulan seluruh mahasiswa Jepang baik mahasiswa Jepang maupun mahasiswa asing. Total seluruh pesertanya pada saat itu adalah 42 orang. Banyak peserta dari luar negeri yang berpartisipasi. Ada dari Thailand, Vietnam, China dan lain-lain yang didominasi oleh orang dari Asia Timur. Kegiatannya berlangsung selama tiga hari. Banyak aktifitas pengakraban yang disusun oleh panita, seperti memasak bersama, berolahraga bersama, melakukan game, api unggun, dan lain-lain. Hari favorit saya adalah hari terakhir yaitu api unggun dan diskusi kelompok. Dalam diskusi kelompok, banyak sekali cerita dari berbagai negara yang bisa saya dengarkan. Seperti misalnya tentang kebudayaan, karakter orang pada umumnya, pola pikir, sosial, dan pendidikan. Para peserta sangat mudah akrab satu sama lain, mereka sangat ramah dan bersahabat. Tiga hari melakukan perkemahan dengan orang-orang yang pertama kali kita temui merupakan salah satu cara melatih sosialisasi kita untuk bisa mengakrabkan diri serta menambah teman sebanyak-banyaknya.

交流会

 

Mencari Pekerjaan

Liburan musim semi cukup panjang yakni sekitar dua minggu. Selain jalan-jalan ke beberapa kota di Jepang, liburan kali ini saya isi dengan menambah pengalaman di bidang mencari pekerjaan. Uniknya orang-orang di Jepang mencari pekerjaan sebelum mereka lulus kuliah yakni pada akhir tahun ketiga atau awal tahun ke empat. Pertama-tama saya mengenakan setelan kemeja hitam puti dengan sepatu hitam dan rambut diikat rapi. Seminar perusahaan kali ini diselenggarakan di Kyoto sehingga jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya di Kobe. Pada seminar ini disajikan berbagai perusahaan besar sebagai narasumber seperti Panasonic, Fujitsu, Toshiba, Honda, dan lain-lain. Setelah mendengarkan seminar masing-masing perusahaan, kami mengisi formulir lengkap dengan data diri. Seminar ini hanya boleh diikuti oleh mahasiswa asing yang tengah menempuh studi di Jepang. Selain mendapat ilmu mengenai perushaan, mereka juga menjelaskan sistem merekrut karyawan dan yang paling penting dari menghadiri acara seperti ini bagi saya adalah menambah teman.

就職活動

Sungguh pengalaman yang snagat menyenangkan dan menarik bisa merasakan pendidikan di Jepang. Selama setahun banyak pengalaman yang saya dapatkan dan juga mendapat banyak teman baru dari berbagai negara yang memiliki karakter yang berbeda. Walaupun sendiri dan kadang-kadang merasa rindu dengan keluarga serta teman-teman di Bali, saya tetap bisa mengobatinya dengan berbagai aktifitas di Jepang selain itu saya juga memiliki teman-teman yang sangat baik sehingga mereka sudah menjadi keluarga saya sendiri. Sungguh terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan untuk Prodi Sastra Jepang, Kobe Woman University dan khususnya Anita Sensei, Tuti Sensei, dan Yasuhara Sensei.

Pengalaman Program Toyama Short Stay Program 2015 oleh Mahasiswa Universitas Udayana

Ini adalah pengalaman yang paling luar biasa dalam hidup saya dan menjadi kesempatan kedua saya untuk pergi ke Jepang. Pertama kali saya pergi ke Jepang ketika saya masih duduk di semester 2. Pada waktu itu, saya mengikuti program Jenesys 2.0 selama 1 minggu yang diselenggarakan oleh Japan International Cooperation Center. Tahun ini, untuk kedua kalinya saya mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Jepang untuk mengikuti short stay program yang diadakan oleh Universitas Toyama. Program kerja sama antara Sastra Jepang Universitas Udayana dan Universitas Toyama ini sudah berlangsung selama 4 tahun dan saya adalah mahasiswa yang beruntung bisa pergi ke Toyama tahun ini. Program ini dilaksanakan selama 2 minggu dengan bermacam-macam kegiatan, seperti …. (baca selengkapnya di sini → Short Stay Program University of Toyama 2015 (Wahyu Widiastika_2015)

Ujian Kemampuan Bahasa Jepang Desember 2015

UKBJ 2015

UJIAN KEMAMPUAN BAHASA JEPANG TAHUN 2015

Tanggal Ujian (試験日)                                  : Minggu, 06 Desember 2015

Tempat Ujian (試験地)                                   : Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Udayana

Jalan Pulau Nias, no.13, Sanglah 80114, Denpasar

Tanggal Pendaftaran (受験申込期間)          : 18 Agustus 2015 ~ 11 September 2015

Level/Tingkat (試験のレベル)                      : N1, N2, N3, N4, N5

Biaya Formulir + Biaya Pendaftaran per level/tingkat:

(願書+受験料)

N1/Level 1      : Rp 15.000 + Rp 150.000
N2/Level 2      : Rp 15.000 + Rp 120.000
N3/Level 3      : Rp 15.000 + Rp 100.000
N4/Level 4      : Rp 15.000 + Rp  80.000
N5/Level 5      : Rp 15.000 + Rp  70.000

Kelengkapan Pasfoto (証明写真): 3 cm x 4 cm (2 lembar/2枚)

Tempat-tempat Penjualan Formulir dan Pendaftaran Ujian (受験申込場所):

a) Program Studi S1 Sastra Jepang,

Fakultas Sastra Universitas Udayana

Jl. P.Nias no.13, Sanglah, Denpasar 80114

(Senin-Kamis: 09.00~14.00; Jumat: 09.00-12.00)

*Kecuali Hari Libur Nasional dan Daerah

Telp. 0361 249 458 / 0361 224 121

Contact Person: 081337272801 (Ni Luh Kade Yuliani Giri)

b) STIBA Saraswati Denpasar

Jl. Kamboja no. 9A, Denpasar

(Senin-Jumat: 09.00~20.00)

*Kecuali Hari Libur Nasional dan Daerah

Telp. 0361-228043

Contact Person:    081246798590 (Betty Aritonang)

c) Pandan College

Jl.Cok Agung Tresna no. 15, Renon, Dps

(Senin-Jumat: 08.00~21.00; Sabtu: 08.00~16.00)

*Kecuali Hari Libur Nasional

Telp. 0361 255 225  /   0361 842 4261

d) Yayasan SIKI Bali

Jl. Jayagiri XI no. 1, Renon, Denpasar

(Senin-Jumat: 09.00~21.00; Sabtu: 09.00~12.00)

*Kecuali Hari Libur Nasional dan Daerah

Telp. 0361 226 314      /     081 938 209 816

081 999 301 617 /     081 236 510 390

e) Universitas Pendidikan Ganesha
Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang

Jl. A.Yani no.67, Singaraja

Telp. 08172390840 (Putu Dewi Merlyna Yudana)

Jadwal Kuliah Semester Genap TA 2014-2015

JADWAL KULIAH SEMESTER GENAP TAHUN 2014/2015

PRODI SASTRA JEPANG, UNUD

HARI/JAM MATA KULIAH SMT KODE DOSEN RUANG
SENIN,

8.00-9.40

Seminar dan Komprehensif VI SAJ 1245 Silvia Damayanti, S.S., M.Hum.,

Ni Luh Kade Yuliani Giri, S.S,M.Hum.

I Gede Oeinada, S.S.,M.Hum.

 

R.11
Shochukyu Kaiwa II

Kelas A

(01-24)

SAJ 1202 Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum.,M.Hum. R.13
Shochukyu Bunpo II

Kelas B

(25-49)

SAJ 1201 I Gede Oeinada, S.S., M.Hum. R.15
9.40-11.20 Shochukyu Kaiwa II

Kelas B

(25-49)

SAJ 1202 Renny Anggraeny, S.S., M.Pd. R.13
Chujokyu Bunpo IV

Kelas A

(01-30)

SAJ1213 Ni Putu Luhur Wedayanti, S.S.,M.Hum. R.9
Shochukyu Bunpo II

Kelas A

(01-24)

SAJ1201 Dra. Maria Gorethi Nie Nie, M.Hum. R.15
Chujokyu Chokai IV

Kelas B

(31-60)

SAJ 1215 I Made Sukadana, S.S. R. Lab
11.20-13.00 Chujokyu Bunpo IV

Kelas B

(31-60)

SAJ1213 Ni Luh Kade Yuliani Giri, S.S,M.Hum.

 

R.9
Jokyu Dokkai VI

Kelas A

(01-28)

SAJ1233 Renny Anggraeny, S.S., M.Pd. R.13
Chujokyu Chokai IV

Kelas A

(01-30)

SAJ 1215 I Made Sukadana, S.S. R. Lab
13.00-14.40 Jokyu Dokkai VI

Kelas B

(29-57)

SAJ1233 Ngurah Indra Pradana, S.S.,M.Hum. R.13
           
Selasa,

08.00-09.40

Nihon Gengogaku Nyumon IV

(A&B)

SAJ1222 Dra. Maria Gorethi Nie Nie, M.Hum.,

I Nyoman Rauh Artana, S.S, M.Hum

Ni Made Wiriani, S.S.,

Ngurah Indra Pradana, S.S.,M.Hum.,

Ni Made Andri Anita Dewi, S.S.,M.Hum.,

Ni Putu Luhur Wedayanti, S.S.,M.Hum,

Renny Anggraeny, S.S., M.Pd.

 

R.11
Shochukyu Hyoki II

Kelas A

(01-24)

SAJ1204 Silvia Damayanti, S.S., M.Hum.,

 

R.15
9.40-11.20 Chujokyu Kaiwa IV

Kelas A

(01-30)

SAJ 1214 Renny Anggraeny, S.S., M.Pd. R.10
Chukyu Dokkai IV

Kelas B

(31-60)

SAJ1229 I Nyoman Rauh Artana, S.S, M.Hum

 

R.13

 

 

 

Shochukyu Hyoki II

Kelas B

(25-49)

SAJ1204 Silvia Damayanti, S.S., M.Hum.,

 

R.15
Shochukyu Chokai II

Kelas A

(01-24)

SAJ1203 NI Made Wiriani, S.S. R.19

Lab

11.20-13.00 Bijinesu Kaiwa VI

Kelas B

(29-57)

SAJ1242 Ni Made Andry Anita Dewi, S.S.,M.Hum. R.9
Bijinesu Sakubun VI

Kelas A

(01-28)

SAJ1241 Ni Putu Luhur Wedayanti, S.S.,M.Hum. R.10
Chukyu Dokkai IV

Kelas A

(01-30)

SAJ1229 I Nyoman Rauh Artana, S.S, M.Hum

 

R.13
Chujokyu Kaiwa IV

Kelas B

(31-60)

SAJ1214 Ngurah Indra Pradana, S.S.,M.Hum.

 

R.18
Shochukyu CHokai II

Kelas B

(25-49)

SAJ 1203 NI Made Wiriani, S.S. R.19

Lab

13.00-14.40 Bijinesu Kaiwa VI

Kelas A

(01-28)

SAJ1242 Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum.,M.Hum. R.9
Bijinesu Sakubun VI

Kelas B

(29-57)

SAJ1241 Ni Putu Luhur Wedayanti, S.S.,M.Hum. R.10
           
Rabu,

08.00-09.40

Tsuyaku VI

Kelas A

(01-28)

SAJ1243 I Gede Oeinada, S.S.,M.Hum R.13
Jokyu Dokkai VI

Kelas B

(29-57)

SAJ1233 Ngurah Indra Pradana, S.S.,M.Hum.

 

R.15
9.40-11.20 Tsuyaku VI

Kelas B

(29-57)

SAJ1243 I Gede Oeinada, S.S.,M.Hum R.13
Jokyu Dokkai VI

Kelas A

(01-28)

SAJ1233 Renny Anggraeny, S.S., M.Pd. R.15
11.20-13.00 Nihon Bungaku Nyumon VI SAJ1221 Ni Luh Putu Ari Sulatri, S.S.,M.Hum.

Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum.,M.Hum,

Silvia Damayanti, S.S., M.Hum.

R.14
13.00-14.40 Nihon Bunka II SAJ1211 Ni Luh Putu Ari Sulatri, S.S.,M.Hum.

Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum.,M.Hum

 

R.14
           
Kamis,

08.00-09.40

Seminar dan Komprehensif VI SAJ 1245 Silvia Damayanti, S.S., M.Hum.,

Ni Luh Kade Yuliani Giri, S.S,M.Hum.

I Gede Oeinada, S.S.,M.Hum.

R.14
9.40-11.20 Chujokyu Bunpo IV

Kelas A

(01-30)

SAJ1213 Ni Putu Luhur Wedayanti, S.S.,M.Hum. R.13
11.20-13.00 Shochukyu Bunpo II

Kelas A

(01-24)

SAJ1201 Dra. Maria Gorethi Nie Nie, M.Hum. R.10
Chujokyu Bunpo IV

Kelas B

(31-60)

SAJ1213 Ni Putu Luhur Wedayanti, S.S.,M.Hum. R.13
11.20-13.50 Kanko Nihongo

 

VI SAJ1244 NI Luh Putu Ari Sulatri, S.S.,M.Si. R.14
13.00-14.40 Shochukyu Bunpo II

Kelas B

(25-49)

SAJ1201 I Gede Oeinada, S.S.,M.Hum R.10
Gendai Rekishi IV SAJ 1228 Drs. I Made Sendra, M.Si.,

Ni Luh Putu Ari Sulatri, S.S.,M.Si.

 

R.11
           
Jumat, 9.40-11.20 Chujokyu Hyoki IV

Kelas A

(01-30)

SAJ1216 I Nyoman Rauh Artana, S.S.,M.Hum. R.9
Shochukyu Sakubun II

Kelas A

(01-24)

SAJ 1210 Ngurah Indra Pradana, S.S.,M.Hum. R.13
Ouyogengogaku VI

(A&B)

SAJ1246 Renny Anggraeny, S.S., M.Pd.,

Ni Luh Kade Yuliani Giri, S.S.,M.Hum.,

Ni Putu Luhur Wedayanti, S.S.,M.Hum.,

Ni Made Andry Anita Dewi, S.S.,M.Hum.

 

R.14
11.20-13.00 Chujokyu Hyoki IV

Kelas B

(31-60)

SAJ1216 I Nyoman Rauh Artana, S.S.,M.Hum. R.9
Chujokyu Sakubun IV

Kelas A

(01-30)

SAJ1217 Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum.,M.Hum,

 

R.10
Shochukyu Sakubun II

Kelas B

(25-49)

SAJ 1210 Ni Luh Kade Yuliani Giri, S.S.,M.Hum. R.13
13.30-14.40 Chujokyu Sakubun IV

Kelas B

(31-60)

SAJ1217 Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum.,M.Hum,

 

R.10

 

 

 

 

 

 

Pengalaman Stort Stay Program Mahasiswa Prodi Sastra Jepang di Toyama, Japan (Oktober 2014)

Arigatou Amazing Toyama!

            Dari tanggal 13 Oktober – 25 Oktober 2014 saya menjalani Short Stay Program di Prefektur Toyama, Jepang. Program ini diselenggarakan atas kerja sama Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Sastra dan Budaya dengan Universitas Toyama khususnya Faculty of Human Development. Program ini mempunyai tujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa Indonesia yang sedang belajar bahasa Jepang untuk mempelajari bahasa Jepang dan mengenali suatu daerah dalam hal ini Prefektur Toyama.

Di Toyama saya melakukan berbagai aktivitas dari berdiskusi bersama dosen, kunjungan ke sekolah, dan pergi ke berbagai tempat yang terkenal dan memiliki sejarah tersendiri. Mulai pergi ke daerah selatan Prefektur Toyama untuk mengunjungi daerah yang bernama Gokayama. Di Gokayama terdapat sebuah desa yang menjadi salah satu dari Warisan Budaya Dunia yang ditetapkan UNESCO. Desa ini memiliki keunikan tersendiri dari segi bentuk bangunan rumah dan sulit didapati di daerah Jepang lainnya. Bentuk itu dinamakan Gassho Zukuri.

1


Gassho Zukuri Village, Gokayama. One of World Heritage Site.

 

Selain ke Gokayama dan Tonami saya juga mendapat kesempatan mengunjungi objek paling terkenal di Toyama yang disebut Tateyama Renpou (deretan bukit Tateyama). Ya, Tateyama bisa dikatakan merupakan ikon kota Toyama. Saya sangat gembira bisa melihat salju untuk pertama kalinya, paduan warna putih dan hijau yang masih tersisa membu

at gunung gunung itu terlihat sangat cantik. Hmm….Menikmati ciptaan Tuhan semegah ini merupakan suatu keberuntungan bagi kita semua.

 

Saya juga sempat pergi ke Istana Toyama yang terletak di pusat kota, dikelilingi oleh taman yang luas, Toyama Jyo menjadi salah satu tempat favorite masyarakat pusat kota menghabiskan waktu.

2

 

Kunjungan ke SD dan SMP juga masuk dalam agenda short stay program ini, di SD kami disambut luar biasa, disana kami bermain game dan kuis bersama mereka, Sedikit berbeda dengan kunjungan SD, di SMP saya melakukan beberapa kegiatan, mulai dari menulis kaligrafi huruf Jepang (Shodou) , kengaku di beberapa mata pelajaran, dan makan bersama guru guru disana. 3

Dua minggu terasa sangat cepat, rasanya belum cukup untuk menikmati negeri yang sangat indah ini. Terlalu banyak “pemandangan” yang tidak dapat dilihat di Indonesia, banyaknya sepeda gayung, kedisiplinan orang-orang, kebersihan lingkungan, biru dan derasnya aliran sungai, dan masih banyak lagi yang akan selalu membuat hati ini rindu ingin kesana lagi. Semoga di lain kesempatan saya bisa kembali pergi ke Jepang.Akhir kata tidak lupa saya ucapkan terima Kasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan impian saya ini, khususnya para Dosen pengajar di Program

Studi Sastra Jepang Universitas Udayana.4

Terimakasih atas ramahnya masyarakatmu, terimakasih atas indahnya alammu, terimakasih pada pengetahuan yang kau berikan, terimakasih AMAZING TOYAMA!

 

5

 

 

Jadwal Kuliah Semester Ganjil TA 2014 (mulai 01 September 2014)

 

JADWAL KULIAH SEMESTER GANJIL 2014
SASTRA JEPANG
hari waktu ruang kelas mata kuliah dosen pengampu
Senin 08:00-09:40 R8 1A Shokyū Bunpō Dra. Maria Gorethy Nie Nie,M.Hum.
I Gede Oeinada,S.S.M.Hum.
R7 1B Shokyū Kaiwa Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum
Renny Anggraeny, S.S., M.Pd.
R9 5A Jokyu Sakubun Ni Made Andry Anita Dewi, S.S., M.Hum.
Sato Fumio
R10 3A Chūkyū Sakubun I Gede Oeinada, S.S., M.Hum.
09:40-11:20 R8 1B Shokyū Bunpō Dra. Maria Gorethy Nie Nie,M.Hum.
I Gede Oeinada,S.S.M.Hum.
R7 1A Shokyū Kaiwa Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum
Renny Anggraeny, S.S., M.Pd.
R9 5B Jokyu Sakubun Ni Made Andry Anita Dewi, S.S., M.Hum.
Sato Fumio
R10 3B Chūkyū Sakubun I Gede Oeinada, S.S., M.Hum.
R21 5A Chujokyu Dokkai Renny Anggraeny, S.S., M.Pd.
11:20-13:00 R9 3A Chūkyū Bunpō I Made Budiana, S.S.
Ni Luh Kade Yuliani Giri, S.S., M.Hum.
LAB 3B Chukyu Chokai Ni Made Wiriani, S.S.
R21 5B Chujokyu Dokkai Renny Anggraeny, S.S., M.Pd.
13:00-14:20 R9 3B Chūkyū Bunpō I Made Budiana, S.S.
Ni Luh Kade Yuliani Giri, S.S., M.Hum.
LAB 3A Chukyu Chokai Ni Made Wiriani, S.S.
R12 5A&B Nihon Sanbun no Bunseki Silvia Damayanti, S.S.M.Hum.
Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum.
Ni Luh Putu Ari Sulatri, S.S., M.Si.
R11 1A&B Sejarah Pemikiran Modern Fransiska Dewi
Selasa 08:00-09:40 R10 5A Jōkyū Kaiwa Ni Made Andry Anita Dewi, S.S.,M.Hum.
Sato Fumio
R9 3A Chūkyū Hyōki I Nyoman Rauh Artana, S.S., M.Hum.
R11 1 A&B Bahasa Inggris Sang Ayu Isnu Maharani, S.S., M.Hum.
09:40-11:20 R10 5A Jōkyū Kaiwa Ni Made Andry Anita Dewi, S.S.,M.Hum.
Sato Fumio
R9 3B Chūkyū Hyōki I Nyoman Rauh Artana, S.S., M.Hum.
R11 1A&B Ilmu Kealaman Dasar
11:20-13:00 R11 3A&B Kodai Rekishi Drs. I Made Sendra, M.A.
Ni Luh Putu Ari Sulatri, S.S., M.Si.
R12 1A&B Agama Hindu
13:00-14:20 R.12 5A&B Keitairon Ketut Widya Purnawati, S.S., M.Hum.
Rabu 08:00-09:40 R.11 5A&B Metode Penelitian Bahasa dan Sastra Jepang Silvia Damayanti, S.S.M.Hum.
Ni Luh Kade Yuliani Giri, S.S., M.Hum.
R5 3A&B Lintas Budaya Bambang DP, S.S., M.Hum
09:40-11:20 R.9 1A Shokyū Hyōki I Nyoman Rauh Artana, S.S., M.Hum.
Silvia Damayanti, S.S.M.Hum.
11:20-13:00 R9 1B Shokyū Hyōki I Nyoman Rauh Artana, S.S., M.Hum.
Silvia Damayanti, S.S.M.Hum.
R10 3A Chūkyū Bunpō I Made Budiana, S.S.
Ni Luh Kade Yuliani Giri, S.S., M.Hum.
R8 3B Chūkyū Kaiwa Ni Putu Luhur Wedayanti, S.S.
Renny Anggraeny, S.S., M.Pd.
13:00-14:20 R10 3B Chūkyū Bunpō I Made Budiana, S.S.
Ni Luh Kade Yuliani Giri, S.S., M.Hum.
R8 3A Chūkyū Kaiwa Ni Putu Luhur Wedayanti, S.S.
Renny Anggraeny, S.S., M.Pd.
R12 1A&B Nihon Jijō Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum.
Ni Luh Putu Ari Sulatri, S.S., M.Si.
Kamis 08:00-09:40 R9 1A Shokyū Bunpō Dra. Maria Gorethy Nie Nie,M.Hum.
I Gede Oeinada,S.S.M.Hum.
R11 5A&B Togoron Ketut Widya Purnawati, S.S., M.Hum.
09:40-11:20 R9 1B Shokyū Bunpō Dra. Maria Gorethy Nie Nie,M.Hum.
I Gede Oeinada,S.S.M.Hum.
R11 3A&B  Bungaku Nyuumon Silvia Damayanti, S.S.M.Hum.
Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum.
Ni Luh Putu Ari Sulatri, S.S., M.Si.
11:20-13:00 R12 3A&B  Gengogaku Nyuumon I Nyoman Rauh Artana, S.S., M.Hum.
R11 5A&B Nihon Shi to Geki no Bunseki Silvia Damayanti, S.S.M.Hum.
Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum.
R14 1A&B Pancasila
13:00-14.40 R11 5A&B Honyaku I Gede Oeinada, S.S., M.Hum.
Jumat 08:00-09:40 R10 5A Chūjōkyū Dokkai Renny Anggraeny, S.S., M.Pd.
R11 1A&B Kebudayaan Bali
09:40-11:20 R21 3A&B Nihon Shakai Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum.
Ni Luh Putu Ari Sulatri, S.S., M.Si.
R10 5B Chūjōkyū Dokkai Renny Anggraeny, S.S., M.Pd.
LAB R19 1B Shokyū Chōkai I Made Sukadana Antara, S.S.
11:20-13:00 R21 5A&B Nihon Shakai Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum.
Ni Luh Putu Ari Sulatri, S.S., M.Si.
R11 3A&B Metode Penelitian Dr.Dra.Ni Luh Arjani, M.Hum
LAB R19 1A Shokyū Chōkai I Made Sukadana Antara, S.S.
13:00-14.40 R11 3A&B Lintas Budaya
R14 5A&B Imiron I Nyoman Rauh Artana, S.S., M.Hum.
Ni Luh Kade Yuliani Giri, S.S., M.Hum.

UJIAN KEMAMPUAN BAHASA JEPANG TAHUN 2014 (2014年度日本語能力試験)

UJIAN KEMAMPUAN BAHASA JEPANG TAHUN 2014

Tanggal Ujian (試験日)                                  : Minggu, 07 Desember 2014

Tempat Ujian (試験地)                                   : Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Udayana

Jalan Pulau Nias, no.13, Sanglah 80114, Denpasar

Tanggal Pendaftaran (受験申込期間)          : 18 Agustus 2014 ~ 12 September 2014

Level/Tingkat (試験のレベル)                      : N1, N2, N3, N4, N5

Biaya Formulir + Biaya Pendaftaran per level/tingkat:

(願書+受験料)

N1/Level 1      : Rp 15.000 + Rp 150.000
N2/Level 2      : Rp 15.000 + Rp 120.000
N3/Level 3      : Rp 15.000 + Rp 100.000
N4/Level 4      : Rp 15.000 + Rp  80.000
N5/Level 5      : Rp 15.000 + Rp  70.000

Kelengkapan Pasfoto (証明写真): 3 cm x 4 cm (2 lembar/2枚)

Tempat-tempat Penjualan Formulir dan Pendaftaran Ujian (受験申込場所):

a) Program Studi S1 Sastra Jepang,

Fakultas Sastra Universitas Udayana

Jl. P.Nias no.13, Sanglah, Denpasar 80114

(Senin-Jumat: 09.00~13.00)

*Kecuali Hari Libur Nasional dan Daerah

Telp. 0361 249 458 / 0361 224 121

Contact Person: Oeinada      0857 9245 6329

b) STIBA Saraswati Denpasar

Jl. Kamboja no. 9A, Denpasar

(Senin-Jumat: 09.00~20.00)

*Kecuali Hari Libur Nasional dan Daerah

Telp. 0361-228043

Contact Person:    Meilantari   081 338 560 543

Pastiarini     0361 863 2929

c) Pandan College

Jl.Cok Agung Tresna no. 15, Renon, Dps

(Senin-Jumat: 08.00~21.00; Sabtu: 08.00~16.00)

*Kecuali Hari Libur Nasional

Telp. 0361 255 225  /   0361 842 4261

d) Yayasan SIKI Bali

Jl. Jayagiri XI no. 1, Renon, Denpasar

(Senin-Jumat: 09.00~21.00; Sabtu: 09.00~12.00)

*Kecuali Hari Libur Nasional dan Daerah

Telp. 0361 226 314      /     081 938 209 816

081 999 301 617 /     081 236 510 390

e) Universitas Pendidikan Ganesha
Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang

Jl. A.Yani no.67, Singaraja

Telp. 0362 22570