TERBITNYA SENYUM YAYASAN SENYUM BALI

pemberian donasi kepada Yayasan Senyum Bali

Pandemi covid-19 memengaruhi seluruh aspek kehidupan orang di dunia, begitupun dengan Bali. Perubahan signifikan terjadi dalam kehidupan semua orang. Di tengah kusutnya roda ekonomi serta keadaan sosial di tengah masyarakat, sulit rasanya untuk menghadirkan sebuah senyuman. Namun, tidak sedikit orang berusaha bersimpati atau bahkan berempati untuk sekadar menerbitkan kembali senyuman orang di sekitanya yang beberapa waktu terakhir telah tenggelam akibat pandemic covid-19. Mahasiswa Sastra Jepang Unud berpartisipasi dalam usaha tersebut. Mahasiswa Sastra Jepang Unud mengadakan penggalian dana untuk Yayasan Senyum Bali guna membantu pasien bibir sumbing, celah-celah langit, dan cacat wajah lainnya.

Penggalian dana dilakukan dengan cara mengumpulkan donasi berupa barang-barang yang telah ditentukan. Barang-barang yang dapat didonasikan terdiri dari, buku, pakaian layak pakai, kerajinan tangan, sepatu, aksesoris, peralatan rumah tangga, dan sebagainya. Media sosial seperti Line dan Instagram dipilih oleh para mahasiswa untuk menggalang donasi. Para mahasiswa juga tidak lupa mencantumkan update donasi yang terkumpul pada akun instagram mahasiswa Sastra Jepang Unud yaitu nibunkasekai.unud. Seluruh hasil donasi akan digunakan untuk membantu biaya operasi bagi anak-anak penderita bibir sumbing, celah-celah langit, dan cacat wajah lainnya.

Antusisasme dari mahasiswa sangat terlihat dari banyaknya barang-barang donasi yang terkumpul. Pengelolaan selanjutnya dilakukan oleh HMPS Sastra Jepang Unud. Proses pengumpulan donasi dimulai dari 12 Juni-12 Juli, lalu didistribusikan kepada Yayasan Senyum Bali oleh perwakilan HMPS Sastra Jepang Unud pada 14 Juli 2020. Kegiatan mahasiswa Sastra Jepang Unud ini disambut positif oleh Yayasan Senyum Bali. Hal tersebut terlihat dari thanks letter yang diberikan ketua Yayasan Senyum Bali, Desak Made Sukma Dewi kepada perwakilan mahasiswa Sastra Jepang Unud. Mahasiswa sastra Jepang Unud berharap sedikit kepingan ketulusan tersebut dapat menerbitkan kembali senyum anak-anak di Yayasan Senyum Bali. Mahasiswa Sastra Jepang Unud juga berharap kegiatan ini terus dilakukan ke depannya. Kegiatan ini juga merupakan pengejawantahan dari Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Spread love everywhere you go. Let no one ever come to you without leaving happier.” – Mother Teresa

 

 

 

 

 

D’JAFU

The Japan Festival of Udayana atau yang disingkat D’JAFU berdiri sejak tahun 2012. Kegiatan tahunan mahasiswa jurusan sastra Jepang, Universitas Udayana ini dipelopori oleh mahasiswa sastra Jepang sendiri.  D’JAFU bukan hanya sekadar agenda rutin mahasiswa sastra Jepang, namun media perwujudan pembelajaran dari kampus. Selain perwujudan pembelajaran dari kampus, D’JAFU menjadi media belajar hal baru di luar kampus yang tentunya menyenangkan bagi para mahasiswa. D’JAFU memiliki dua hari pelaksanaan. Hari pertama berisi berbagai kompetisi bahasa Jepang seperti kontes kana, madding, story telling, fanart, Japan band, serta cosplay. Kompetisi ini ditujukan bagi siswa-siswi SMA di dalam maupun luar Bali. Sedangkan hari kedua merupakan puncak dari D’JAFU yang berisi festival serta pengumuman pemenang lomba. Festival pada hari kedua D’JAFU selalu meriah. Terdapat banyak stand komunitas pecinta jejepangan, beranekaragam kuliner khas Jepang,  kuliner dari beragam penjuru daerah Indonesia, aksesoris jejepangan, apparel, dan sebagainya yang selalu memanjakan para pengunjungnya.

D’JAFU biasanya dilakukan pada bulan November mengingat tradisi di Jepang pada bulan November merupakan bulan yang memiliki banyak matsuri. Hari pertama D’JAFU diselenggarakan di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Pada hari kedua berlokasi di Taman Gong Perdamaian Desa Budaya Kertalangu, jalan Bypass Ngurah Rai 88x Kesiman, Denpasar. Pengecualian untuk D’JAFU 1st, dilaksanakan di Gedung RRI, jl. Hayam Wuruk 70, Denpasar. Tema yang diusung setiap tahunnya memiliki makna yang dalam dan unik. Berikut tema D’JAFU pertama sampai kedelapan:

  1. 黒白の祭り (kokuhaku no matsuri) D’JAFU 1st
  2. 青春祭り (seishun no matsuri) D’JAFU 2nd
  3. 勇気の祭り(yūki no matsuri) D’JAFU 3rd
  4. 陽気の祭り(yōki no matsuri) D’JAFU 4th
  5. 気迫の祭り(kihaku no matsuri) D’JAFU 5th
  6. 幸福な祭り(kōfukuna matsuri) D’JAFU 6th
  7. 幸運な祭り(kōun’na matsuri) D’JAFU 7th
  8. 団結の祭り(danketsu no matsuri)D’JAFU 8th

Acara ini didukung penuh oleh para dosen prodi Sastra Jepang, Konjen Jepang, perusahaan-perusahaan swasta, serta pemerintahan Denpasar. Melalui acara ini mahasiswa mampu mengembangkan  soft skill dan hard skill. Para mahasiswa belajar mengelola waktu, bertanggungjawab pada setiap hal yang diputuskan serta kepercayaan yang diberikan dalam setiap divisi, berkomunikasi dengan orang-orang penting, serta tidak lupa belajar memanajemen  konflik dengan setiap panitia yang terlibat. Membangun acara sedemikian rupa yang awalnya berat ketika dijalani menjadi terasa semakin berat, eh bercanda sheyeng! Semakin menyenangkan tentunya! Setiap benturan yang ada di dalam kepanitiaan selalu membentuk para panitia itu sendiri, hal itulah yang menyenangkan. Di samping keribetan dan kelelahan para panitia, feedback yang diberikan oleh para pengunjung positif, terlihat dari excitement yang ditunjukan melalui banyaknya orang yang berpartisipasi dalam kompetisi yang diadakan serta membeli dan mengunjungi puncak acara D’JAFU. Candu D’JAFU bagi semua orang yang hadir  adalah penampilan dari guest star dan pertunjukkan hanabi atau kembang api. Untuk informasi terbaru mengenai D’JAFU atau kenangan-kenangan foto, after event video, dapat diakses lewat media sosial D’JAFU, instagram D’JAFU: djafu_sasjep atau facebook: The Japan Festival of Udayana. Terus ikuti jejak perjalanan D’JAFU ya minnasan! Berikut #JEPAN alias Jejak Pendapat dari panitia D’JAFU yang mewakili beberapa angkatan. Kuy, simak!

“Djafu menurut kakak festival Jepang termegah yang ada di Bali dan tetap harus diselenggarakan tiap tahunnya. Selain pertukaran budaya di sisi lain bisa membangkitkan kreativitas mahasiswa dalam mendekorasi tampilan sesuai tema yang mereka angkat. Selain itu adanya lomba-lomba di bidang akademik sangat penting untuk menggali potensi siswa siswi SMA di seluruh Bali. Perasaan menjadi panitia D’JAFU campur aduk, ada suka dukanya yang terpenting sih pengalamannya yang cuma bisa tak dapet jadi panitia djafu gak bisa dilupain. (Deco ‘16)

“saya tiga tahun berturut-turut dalam D’JAFU diberi kepercayaan berada di divisi Yukata, lebih tepatnya tukang foto lha ya. Lumayan juga, selama di divisi ini kemampuan fotografi saya meningkat. Selain itu, divisi Yukata bagi saya adalah divisi yang paling nggak R-I-B-E-T! OKE BYE THANK YOU D’JAFU, KIM HAE JOON LEFT THE COMMITTEE!.  (Joshua ‘17)

tahun 2019 kemarin, saya berkesempatan menjadi panitia di acara jejepangan terbesar di Bali. Saya mendapat kesempatan untuk menjadi panitia Lomba dan Games. Kesan saya selama persiapan Djafu sangatlah berat dan penuh tekanan. Saya bukan koordinator tetapi menurut saya persiapan yang benar benar padat membuat saya ikut stress. Kemudian, untuk hari H , sangat menyenangkan dan penuh semangat. Namun, ada beberapa hal yang sangat disayangkan terjadi. Salah satunya yang paling banyak menjadi keluhan pengunjung pada tahun 2019 adalah tidak adanya merchandise yang berupa kipas. Namun,terlepas dari itu, keseluruhan acara festival ini sangat menyenangkan dan berkesan bagi saya. Hal yang paling membuat saya takjub pada Djafu 7th adalah antusiasme pengunjung. Saya sebagai panitia yang berjaga di stand games merasa bersemangat melihat antusiasme pengunjung untuk mencoba games ala Jepang yang disusun sedemikian rupa dengan ragam pilihan. Selain itu, banyaknya bintang tamu yang terkenal membuat acara ini benar benar seperti festival di Jepang. Nuansa ala Jepang sangat kental sekali terlihat aplaagi ketika beranjak Malam dan menuju acara puncak. Hanabinya benar benar menakjubkan dan membuat saya terharu dengan kerja keras panitia serta antuasiasme pengunjung” (Sugi ‘18)

 

Nah, gimana menarik bukan? Mau jadi panitia atau pengunjung? It’s your choice! Nantikan D’JaFU selanjutnya!!!