Pengalaman Stort Stay Program Mahasiswa Prodi Sastra Jepang di Toyama, Japan (Oktober 2014)

Arigatou Amazing Toyama!

            Dari tanggal 13 Oktober – 25 Oktober 2014 saya menjalani Short Stay Program di Prefektur Toyama, Jepang. Program ini diselenggarakan atas kerja sama Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Sastra dan Budaya dengan Universitas Toyama khususnya Faculty of Human Development. Program ini mempunyai tujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa Indonesia yang sedang belajar bahasa Jepang untuk mempelajari bahasa Jepang dan mengenali suatu daerah dalam hal ini Prefektur Toyama.

Di Toyama saya melakukan berbagai aktivitas dari berdiskusi bersama dosen, kunjungan ke sekolah, dan pergi ke berbagai tempat yang terkenal dan memiliki sejarah tersendiri. Mulai pergi ke daerah selatan Prefektur Toyama untuk mengunjungi daerah yang bernama Gokayama. Di Gokayama terdapat sebuah desa yang menjadi salah satu dari Warisan Budaya Dunia yang ditetapkan UNESCO. Desa ini memiliki keunikan tersendiri dari segi bentuk bangunan rumah dan sulit didapati di daerah Jepang lainnya. Bentuk itu dinamakan Gassho Zukuri.

1


Gassho Zukuri Village, Gokayama. One of World Heritage Site.

 

Selain ke Gokayama dan Tonami saya juga mendapat kesempatan mengunjungi objek paling terkenal di Toyama yang disebut Tateyama Renpou (deretan bukit Tateyama). Ya, Tateyama bisa dikatakan merupakan ikon kota Toyama. Saya sangat gembira bisa melihat salju untuk pertama kalinya, paduan warna putih dan hijau yang masih tersisa membu

at gunung gunung itu terlihat sangat cantik. Hmm….Menikmati ciptaan Tuhan semegah ini merupakan suatu keberuntungan bagi kita semua.

 

Saya juga sempat pergi ke Istana Toyama yang terletak di pusat kota, dikelilingi oleh taman yang luas, Toyama Jyo menjadi salah satu tempat favorite masyarakat pusat kota menghabiskan waktu.

2

 

Kunjungan ke SD dan SMP juga masuk dalam agenda short stay program ini, di SD kami disambut luar biasa, disana kami bermain game dan kuis bersama mereka, Sedikit berbeda dengan kunjungan SD, di SMP saya melakukan beberapa kegiatan, mulai dari menulis kaligrafi huruf Jepang (Shodou) , kengaku di beberapa mata pelajaran, dan makan bersama guru guru disana. 3

Dua minggu terasa sangat cepat, rasanya belum cukup untuk menikmati negeri yang sangat indah ini. Terlalu banyak “pemandangan” yang tidak dapat dilihat di Indonesia, banyaknya sepeda gayung, kedisiplinan orang-orang, kebersihan lingkungan, biru dan derasnya aliran sungai, dan masih banyak lagi yang akan selalu membuat hati ini rindu ingin kesana lagi. Semoga di lain kesempatan saya bisa kembali pergi ke Jepang.Akhir kata tidak lupa saya ucapkan terima Kasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan impian saya ini, khususnya para Dosen pengajar di Program

Studi Sastra Jepang Universitas Udayana.4

Terimakasih atas ramahnya masyarakatmu, terimakasih atas indahnya alammu, terimakasih pada pengetahuan yang kau berikan, terimakasih AMAZING TOYAMA!

 

5