Visi dan Misi Prodi

PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS UDAYANA

VISI

“Terwujudnya Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Udayana yang menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya”

Unggul berarti PS Sastra Jepang memiliki kompetensi yang dapat diandalkan, sehingga mampu bersaing dalam menyelenggarakan pendidikan, mengembangkan ilmu pengetahuan melalui berbagai penelitian, dan melaksanakan pengabdian pada masyarakat di tingkat regional, nasional, dan internasional. Dengan demikian, PS Sastra Jepang Fakultas Sastra UNUD mampu menciptakan lulusan-lulusan terbaik dan terdepan dalam bidang Sastra Jepang.

Mandiri berarti PS Sastra Jepang Fakultas Sastra UNUD mampu berdiri sendiri dan memiliki otonomi untuk pengembangan program studi yang meliputi pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui visi ini PS Sastra Jepang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang mempunyai karakter, berkepribadian tangguh, dan memiliki kompetensi bahasa Jepang yang dapat diaplikasikan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Berbudaya berarti PS Sastra Jepang Fakultas Sastra UNUD mampu mengembangkan ilmu yang selaras dengan nilai-nilai budaya lokal yang bersifat universal dan praktik-praktik kehidupan di dalam masyarakat. Melalui visi ini, PS Sastra Jepang Fakultas Sastra UNUD mampu mencetak lulusan yang memiliki kecerdasan intelektual dan emosional yang seimbang, serta memiliki kepekaan dan ketajaman nurani, sehingga mampu bergabung dengan masyarakat untuk menciptakan kehidupan yang harmonis.

MISI

  1. Mengembangkan sistem pembelajaran bahasa dan sastra Jepang yang dinamis dengan ditunjang oleh kemajuan teknologi komunikasi dan informasi serta sistem penjaminan mutu sehingga mampu menghasilkan sarjana sastra dalam bidang bahasa dan sastra Jepang yang unggul, mandiri, dan berbudaya.
  2. Mengembangkan penelitian unggulan dalam bidang bahasa dan sastra Jepang agar dapat  menghasilkan temuan-temuan baru berkualitas tinggi yang bermanfaat bagi pengembangan bahasa dan sastra Jepang di Indonesia yang kemudian dapat diaplikasikan untuk memajukan kehidupan bermasyarakat dan memperkaya khazanah budaya bangsa untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.
  3. Mengembangkan berbagai aktivitas di bidang pengabdian kepada masyarakat dengan membangun kemitraan dengan berbagai institusi pemerintah dan swasta, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional untuk meningkatkan peran serta lembaga dalam pembangunan masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat.